Senin, 24 Oktober 2016

Analisa Usaha Toko dan Service Komputer

Blog Sampel
http://dedewidiarta.blogspot.co.id/2015/04/analisa-usaha-toko-dan-service-komputer.html


                                                   PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pada era globalisasi modern saat ini komputer / laptop adalah sebuah alat yang sudah sangat pupuler dikalangan masyarakat luas. komputer telah memberikan berbagai macam kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas hariannya. Menonton film, bermain game, menyelesaikan tugas hingga melaksanakan pekerjaan kantoran. Semuanya sekarang sudah tidak terlepas dari komputer karena semua hal tersebut dapat dilaksanakan dalam satu alat yang bernama komputer.
      Melihat perkembangan komputer saat ini, kita dapat menarik simpul bahwa hampir semua lapisan masyarakat sudah mengoperasikan computer. Namun tenaga yang bisa untuk memberikan jasa service komputer masih amat terbatas mungkin jarang terdengar.
Dengan latar belakang pendidikan pada jurusan informatika universitas Gunadarma dan melihat peluang bisnis yang terbuka lebar tersebut, kami bermaksud untuk membuka usaha sevice computer yang mampu memberikan hasil kerja yang berkwalitas dengan pelayanan yang sangat memuaskan.
                                  
                                     
B.     Tujuan Pembangunan Usaha
Dalam pembangunan usaha ini terdapat beberapa tujuan yang hendak ingin dicapai
yang merupakan indikator dasar pembuatan usaha ini :
1.      Media dalam mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama kuliah.
2.      Membantu masyarakat yang kesulitan ketika komputenya rusak dengan cara
menawarkan jasa service.
3.      Memanfaatkan peluang usaha yang memiliki prospek yang amat menjanjikan untuk
kedepanya.
4.      Membuka peluang kerja baru bagi mahasiswa informatika yang baru lulus.
5.      Memberi kemudahan bagi customer yang kesulitan dalam mengoperasikan computer. 


ANALISA PRODUK

A.     Produk Yang Ditawarkan
Produk yang ditawarkan kepada konsumen dalam usaha ini adalah berupa jasa servis dan penjualan perlengkapan computer.
1.      Jenis servis komputer yang nanti akan kami tawarkan meliputi :
·        Servis hardware
Servis hardware nantinya meliputi perbaikan pada bagian fisik komputer yang
mengalami kerusakan seperti masalah pada hardisk, ram, dvd rom / rw dan lain-lain.
·        Software
Untuk kerusakan pada software, nantinya kami menangani masalah seperti masalah virus atau kesalahan penggunaan yang berakibat pada rusaknya system operasi pelanggan tersebut.
2.      Jenis penjualan perlengkapan computer yang akan dijual adalah :
·        Aksesoris computer (Pelindung keyboard dan desktop, Speker, pembersih
computer dan lain-lain.)
·        Perlengkapan suku cadang computer (Ram, Hardisk, keyboard PC, dan lain-lain.)
B.     Keunggulan Produk
Keunggulan usaha yang kami tawarkan disini telah kami analisa dengan baik sehingga dengan keunggulan-keunggulan tersebut kami dapat menarik konsumen lebih banyak. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah :

1.      Konsultasi kerusakan computer secara gratis.
Konsumen dapat mengkonsultasikan kerusakan komputenya secara gratis lewat e-mail atau lewat group facebook yang telah kami buat.
2.      Penanganan servis oleh tenaga yang berkompeten dalam bidangnya.
Tenaga kerja yang menangani masalah servis adalah mahasiswa teknik informatika yang memiliki wawasan tentang computer.
3.      Adanya jaminan terhadap barang yang diservis.
Kami memberikan garansi atas computer yang kami servis
4.      Harga perlengkapan komputer yang lebih murah.
Barang yang kami jual diambil langsung dari prodesen sehingga jual kekonsumen murah.



ANALISA PASAR

A.     Peluang Pasar
Peluang pasar yang dimiliki usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini sangat menjajikan. Tingkat kebutuhan masyarakat terutama masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal lain yang terkait dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan komputer adalah semakin genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling berupaya untuk menghadirkan sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang bisa menampung dan menunjang segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan semakin banyaknya computer yang terjual di masyarakat maka keperluan perawatan dan servis pasti akan sangat diperlukan, latar belakang pendidkan yang berbeda membuat tidak semua masyarakat bisa untuk memberikan servis yang baik kepada computer yang dimilikinya. Peluang inilah yang nanti bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan yang banyak.


B.     Segmentasi Pasar
Sasaran usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini pada dasarnya tidak dibedakan karena yang terpenting adalah orang tersebut memilki komputer yang menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan segmentasi pasar secara umum tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran usaha ini secara khusus. Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada objek yang paling banyak menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini para pegawai kantor dan mahasiwa merupakan sasaran dari segmentasi pasar ini.

C.     Analisa Pelanggan
Karakteristik dari pelanggan :
·        Geografi : Perkotaan
·        Status : Belum menikan-Menikah
·        Jenis Kelamin : Laki-laki dan Perempuan
·        Pekerjaan : Pegawai kantor dan Mahasiswa
·        Umur : Remaja dan Dewasa


D.    Media Promosi Yang Digunakan
Promosi dilakukan dengan cara online dan offline yang ini dimaksudkan agar penyampaian promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap. Pelaksanaan promosi direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut adalah media promosi yang digunakan :



1.      Internet
Memasang iklan lewat internet seperti lewat facebook atau website yang menyediakan
layanan iklan.
2.      Surat kabar.
Agar masyarakat yang suka membaca berita lewat Koran dapat menyerap informasi
promosi tersebut.
3.      Radio
Radio saat ini bisa didengar oleh masyarakat secara lebih luas dan tidak terbatasi oleh
factor ekonomi.
4.      Penyebaran brosur.
Dilakukan sebagai upaya promosi penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada. Penyebaran brosur dilakukan di kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.

E.     Strategi Pemasaran
Agar usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini dapat dengan cepat menarik perhatian masyarakat dan mampu popular diantara sekian banyak usaha sejenis yang sudah ada, maka berikut adalah strategi pemasaran yang nanti akan kami kembangkan :

1.      Melakukan promosi khusus selama dua minggu sebelum usaha ini benar-benar dibuka, ini adalah terobosan awal agar masyarakat mengetahui akan hadirnya usaha ini.
2.      Memberikan diskon khusus selama satu minggu kepada konsumen yang melakukan
servis atau membeli perlengkapan computer dalam jangka waktu tersebut.
3.      Membuat sebuah group pada salah satu situs jaringan social seperti facebook yang bertujuan untuk membuka semacam media untuk berdiskusi tentang usaha yang dikembangkan ini. Pada bulan pertama ditargetkan seluruh mahasiswa informatika anggkatan 2007 telah bergabung dalam komunitas ini.
4.      Melakukan kerja sama dengan beberapa penyelengara usaha sejenis yang letaknya
berada pada sebuah lokasi yang berbeda agar produk dapat lebih mudah terjual.



ANALISA PRODUKSI DAN OPERASI

A.     Proses Produksi
Untuk mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini kami memilki beberapa tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, tenaga kerja yang ada merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan computer baik itu yang secara langsung menangani masalah servis ataupun yang menjadi mediator dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari konsumen yang masuk lewat media internet. Untuk masalah barang-barang yang dijual kami secara langsung memesan dari produsen atau agen resmi.


B.     Bahan Yang Diperlukan
Untuk menjalankan usaha ini berikut adalah bahan-bahan serta perlengkapan yang
kami butuhkan yang nanti akan mendukung kelancaran usaha ini :
1.      Komputer
2.      Tools yang digunakan untuk melakukan service.
3.      Printer.
4.      Alat komunikasi (HP / Telepon).
5.      Buku dan alat tulis serta kwitansi toko.
6.      Akses Internet.




ANALISA KEUANGAN

A.     Modal Awal (Fixed Cost)
Berikut adalah perincian perkiraan modal awal serta penggunaanya :
1.      Sewa tempat 1 tahun : Rp. 24.000.000
2.      Komputer kantor : Rp. 4.000.000
3.      Perlengkapan ruangan : Rp. 3.000.000
4.      Tools service : Rp. 2.000.000
5.      Perlengkapan Hardware : Rp. 10.000.000
6.      Perlengkapan software : Rp. 3.000.000
7.      Aksesoris komputer : Rp. 2.000.000
TOTAL MODAL : Rp. 48.000.000

B.     Biaya Operasional
1.      Gaji 3 pegawai : Rp. 2.500.000
2.      Transportasi : Rp. 500.000
3.      Rekening listrik : Rp. 100.000
4.      Rekening Air : Rp. 100.000
5.      Akses internet : Rp. 200.000
6.      Lain-lain : Rp. 500.000
TOTAL OPERASIONAL : Rp. 3.900.000

C.     Pendapatan Perbulan
1.      Servis computer : Rp. 1.500.000
2.      Penjualan peralatan hardware : Rp. 5.000.000
3.      Penjualan software : Rp. 1.500.000
4.      Penjualan aksesoris computer : Rp. 1.000.000
TOTAL PENDAPATAN / BULAN : Rp. 9.000.000


D.    Keuntungan Usaha
Keuntungan = (Pendapatan – Biaya Operasional)
                     = (Rp. 9.000.000  –  Rp. 3.900.000)
                     = Rp. 5.100.000
Jadi, keuntungan yang didapat perbulannya kira-kira sebesar Rp. 5.100.000


E.     Analisa PBP (Pay Back Priod)
PBP = (Modal Awal : Total Keuntungan)  x 1 bulan
        = (Rp. 48.000.000  :  Rp. 5.100.000)  x 1 bulan
        = 9,5 Bulan
Jadi, modal kita dapat kembali kurang lebih dalam jangka waktu 9,5 bulan.



PENUTUP
Demikian proposal ini saya buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi untuk pembuatan proposal kedepannya. Dan apabila ada kata – kata yang salah dalam penulisan mohon kiranya pembaca dapat memberikan masukkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar